Senin, 09 Juli 2012

0 Bolehkah Wanita Hamil Mengkonsumsi Daun Salam?

Banyak resep yang menggunakan daun salam sebagai bumbu yang menguatkan rasa tetapi selalu disarankan untuk membuangnya sebelum disajikan. Meskipun demikian, ternyata daun salam dapat dimakan dan sesuai untuk dimasukkan dalam diet ibu hamil. Memiliki berbagai mineral dan vitamin, daun salam ternyata dapat berkontribusi baik terhadap kesehatan ibu dan janin.

Berikut ini beberapa mineral yang terkandung dalam daun salam yang ternyata berdampak positif pada kesehatan ibu hamil :

Manganese

Ketika lingkungan yang memiliki paparan manganese dapat menyebabkan kerusakan saraf janin, konsumsi manganese dalam dosis yang tepat memainkan peran penting selama kehamilan. Anda dapat meningkatkan asupan manganese dalam dosis kecil dengan mengkonsumsi daun salam. Setiap satu sendok makan daun salam mengandung 0,1 mg mineral ini. Untuk mengoptimalkan kesehatan janin terutama dalam hal pembentukan tulang dan tulang rawan, ibu hamil membutuhkan sekitar 2 mg manganese setiap harinya.



Zat Besi


Setiap wanita membutuhkan zat besi lebih banyak dibandingkan pria, terlebih lagi ketika mengalami kehamilan dan menyusui. Berdasarkan penelitian, seorang wanita hamil harus menyertakan 27 mg zat besi dalam konsumsi makanan setiap harinya. Satu sendok makan daun salam memberikan 0,8 mg zat besi. Sebuah studi yang diterbitkan dalam edisi Mei 2011 "The Journal of Nutrition" menunjukkan bahwa kelinci percobaan hamil menunjukkan anemia ringan yang disebabkan oleh kekurangan zat besi. Pada akhirnya kelinci tersebut melahirkan anak dengan cacat pendengaran dan sistem saraf.


Vitamin A


Daun salam mengandung sejumlah kecil vitamin A, sekitar 111 IU per sendok makan yang memberikan manfaat untuk ibu hamil. Disarankan untuk mengkonsumsi vitamin A sejumlah 2.565 IU dalam menu makanan setiap hari. Janin membutuhkan vitamin A untuk perkembangan tulang, paru-paru, ginjal dan sistem pernapasan. Baik Anda dan janin Anda membutuhkan vitamin A dalam daun salam untuk kesehatan mata.

Vitamin B-6

Mendapatkan asupan vitamin B-6 yang cukup dalam menu makan Anda sangat penting untuk otak janin dan pengembangan sistem saraf. Daun salam merupakan pilihan yang sesuai untuk melengkapi vitamin B-6 karena setiap 1 sendok makan mengandung 0,03 mg Vitamin ini. Setidaknya pada masa kehamilan diperlukan konsumsi vitamin B-6 sebanyak 1,9 mg setiap harinya. Selain memiliki dampak positif pada otak dan sistem saraf pada janin Anda, juga mempengaruhi produksi sel darah merah dan antibodi. Hal ini juga dapat membantu mengurangi mual dan muntah


Ternyata banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari daun salam bagi kesehatan pada masa kehamilan. Anda tidak perlu merasa was-was jika ingin mengkonsumsi daun salam sebagai tambahan suplemen untuk kesehatan janin karena memiliki nutrisi yang sangat baik dan jarang sekali dilaporkan adanya efek samping dari konsumsi daun salam. Namun, sangat disarankan untuk berkonsultasi dahulu dengan para pekerja medis yang berkompeten sebelum anda menambahkan daun salam sebagai menu makanan wajib setiap harinya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

MASTER TEACHER Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates