Jumat, 06 Juli 2012

0 Clinton: Rusia dan Cina Akan Menebus Aksinya dalam Mendukung Suriah

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton, memperingatkan Rusia dan Cina atas dukungan mereka terhadap Suriah, dan mengatakan bahwa mereka akan "menebus sikap mereka dengan harga tinggi."

Hal itu dikemukakan Clinton selama konferensi "Friends of Syria" yang berlangsung di Paris Jumat (6/7). Clinton menyampaikan ketidakpuasannya kepada Moskow dan Beijing serta mendesak Rusia dan Cina mengikut langkah-langkah yang ditentukan oleh Barat dan menghentikan dukungan terhadap pemerintah Damaskus.

"Satu-satunya cara yang akan mampu mengubah adalah jika setiap negara diwakili di sini langsung menyatkaan bahwa Rusia dan Cina akan menebus dengan harga tinggi aksinya," kata Clinton.

Rusia dan Cina memboikot konferensi "Friends of Syria" karena dinilai sepihak.

"Kami terus terang telah mengemukakan alasan mengapa kami tidak bergabung dalam mekanisme itu, nama saja bertentangan antara ucapan dan perbuatan," kata Menlu Rusia Sergei Lavrov awal pekan ini.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Ryabkov Jumat (6/7) mengatakan bahwa kebijakan Barat dalam kerangka teman-atau-musuh sudah ketinggalan zaman.

"Ini bukan soal mendukung tokoh politik atau pemimpin tertentu. Ini adalah tantangan mengelola situasi krisis dalam kerangka politik normal," kata Ryabkov.

"Sayangnya, kami tidak mencapai kesepahaman mendasar dari mitra Barat kami. Barat masih cederung menggungkan istilah 'teman-atau-musuh'. Kami anggap terminologi seperti ini adalah milik masa lalu," jelasnya.

Pernyataan terakhir dari konferensi "Friends of Syria" menetapkan bahwa Presiden Suriah Bashar al-Assad untuk mundur.

Permintaan itu juga bertentangan dengan kesepakatan yang dicapai pekan lalu di Jenewa, di mana kekuatan dunia menyetujui pembentukan sebuah pemerintahan transisi yang akan melibatkan semua pihak. (IRIB Indonesia/MZ/PH)

0 komentar:

Posting Komentar

 

MASTER TEACHER Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates