Jumat, 06 Juli 2012

0 Lubang Hitam Di Galaksi Bima Sakti Ada Monster Ganas

Sebuah studi menggunakan satelit Swift NASA dan Chandra X-ray Observatory menemukan lubang hitam super kedua di jantung galaksi dekat yang aneh yang sudah diketahui memiliki satu lubang hitam.

“Pada jantung sebagian besar galaksi besar, termasuk Bima Sakti, ada lubang hitam supermasif seberat jutaan kali massa matahari,” kata Michael Koss, penulis perdana dari Goddard Space Flight Center NASA di Greenbelt, Md., dan University of Maryland in College Park (UMCP). “Sebagian darinya memancarkan miliaran kali lebih banyak energi dari matahari.”

Astronom menyebut pusat galaksi yang memancarkan emisi demikian kuat sebagai inti galaksi aktif (AGN). Namun seumum lubang hitam monster, hanya sekitar 1 persen diantaranya AGN yang kuat. AGN ganda lebih langka lagi: Markarian 739 hanyalah yang kedua diketahui dalam jarak satu miliar tahun cahaya.

“Jika dua galaksi bertubrukan dan masing-masing memiliki sebuah lubang hitam supermasif, harusnya ada saat ketika kedua lubang hitam menyala sebagai AGN,” kata penulis Richard Mushotzky, professor astronomi UMCP. “Kami tidak melihat banyak AGN ganda, jadi kami minta bantuan Chandra.”

Jarak yang memisahkan kedua lubang hitam sekitar sepertiga jarak yang memisahkan tata surya dari pusat galaksi kita. AGN ganda Markarian 739 adalah kedua yang terdekat diketahui, baik dalam hal jarak dari satu sama lain dan jarak dari Bumi. Walau begitu, galaksi lain yang bernama NGC 6240 memegang kedua rekor.
[nasa.gov]

0 komentar:

Posting Komentar

 

MASTER TEACHER Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates